Gerbang Logika (Logic Gate)

Gerbang Logika (Logic Gate) - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai Gerbang Logika ( Logic Gate) dimana pada atikel ini akan membahas m
Gerbang Logika (Logic Gate)
Gerbang Logika (Logic Gate)
Gerbang Logika (Logic Gate) - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai gerbang logika ( logic gate ) dimana pada atikel ini akan membahas macam-macam gerbang logika yaitu : Gerbang AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR, XNOR. Selamat membaca, semoga bermanfaat .

Pengertian Gerbang Logika (Logic Gate)

Gerbang logika merupakan suatu entitas dalam elektronika dan matematika boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik.

Gerbang logika atau sering juga disebut gerbang logika boolean merupakan sebuah sistem pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner menjadi sebuah output yang berkondisi yang akhirnya digunakan untuk proses selanjutnya.

Macam Macam Gerbang Logika

Gerbang AND

Gerbang AND akan berlogika 1 atau keluarannya akan berlogika 1 apabila semua masukan / inputannya berlogika 1, namun apabila semua atau salah satu masukannya berlogika 0 maka outputnya akan berlogika 0. 

Simbol Gerbang Logika AND
Simbol Gerbang Logika AND

A.B=Y (Ekspresi Boolean AND)

Tabel Kebenaran Gerbang AND

Input A   Input B    Output  
000
010
100
111

Gerbang OR

Gerbang OR akan berlogika 1 apabila salah satu atau semua inputan yang dimasukkan bernilai 1 dan apabila keluaran yang di inginkan berlogika 0 maka inputan yang dimasukkan harus bernilai 0 semua.
Simbol gerbang logika OR
Simbol Gerbang Logika OR
A+B=Y (Ekpresi Boolean OR)

Tabel Kebenaran Gerbang OR

 Input A   Input B   Output  
000
011
101
111

Gerbang NOT

Gerbang NOT berfungsi sebagai pembalik (Inverter), yang mana outputnya akan bernilai terbalik dengan inputannya.
Simbol Gerbang logika NOT
Simbol Gerbang Logika NOT

Tabel Kebenaran Gerbang NOT

Input        Output     
01
10

Gerbang NAND

Gerbang NAND akan bernilai / outputnya akan berlogika 0 apabila semua inputannya bernilai 1 dan outpunya akan berlogika 1 apabila semua atau salah satu inputannya bernilai 0.
Simbol Gerbang Logika NAND
Simbol Gerbang Logika NAND

Tabel Kebenaran Gerbang NAND

Input A     Input B     Output  
001
011
101
110

Gerbang NOR  

Gerbang NOR merupakan gerbang logika yang outputnya akan berlogika 1 apabila semua inputannya bernilai 0, dan outpunya akan berlogika 0 apabila semua atau salah satu inputannya inputannya berlogika 1.
Simbol Gerbang Logika NOR
Simbol Gerbang Logika NOR

Tabel Kebenaran Gerbang NOR

Input A     Input B     Output  
001
010
100
110

Gerbang XOR  

Gerbang XOR merupakan kepanjangan dari Exclusive OR yang mana keluarannya akan berlogika 1 apabila inputannya berbeda, namun apabila semua inputanya sama maka akan memberikan keluarannya 0.
Simbol Gerbang Logika XOR
Simbol Gerbang Logika XOR

Tabel Kebenaran Gerbang XOR

Input A     Input B     Output  
000
011
101
110

Gerbang XNOR  

Gerbang XOR merupakan kepanjangan dari Exclusive NOR yang mana keluarannya akan berlogika 1 apabila semua inputannya sama, namun apabila inputannya berbeda maka akan memberikan output berlogika 0.
Simbol Gerbang Logika XNOR
Simbol Gerbang Logika XNOR

Tabel Kebenaran Gerbang XNOR

Input A     Input B     Output  
001
010
100
111

Ringkasan Gerbang Logika Dasar

Tabel Kebenaran Gerbang Logika
Tabel Kebenaran Gerbang Logika
Tabel Kebenaran Gerbang Logika

Demikian pembahasan mengenai gerbang logika ( logic gate ) Gerbang AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR, XNOR beserta tabel kebenaran gerbang logika, semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Keyword : gerbang logika, logic gate, tabel kebenaran gerbang logika, simbol gerbang logika, gerbang logika dasar, gerbang logika and, gerbang and, gerbang logika or, gerbang or, gerbang nand, gerbang logika nand, gerbang logika nor, gerbang logika not, pengertian gerbang logika, ex nor, gerbang logika adalah, rangkaian logika, gerbang nor, gerbang not, rangkaian gerbang logika, tabel gerbang logika, contoh gerbang logika, gerbang xor, tabel kebenaran or, tabel kebenaran nor, tabel kebenaran xor, tabel kebenaran gerbang nand.

Copyright www.unboxing.eu.org